Pandemi virus korona (COVID-19), yang menyerang Indonesia sampai sekarang, belum menunjukkan tanda-tanda penurunan yang signifikan. Informasi yang beredar pada 6 April 2020 mencatat bahwa ada 2.491 dikonfirmasi positif dengan 209 meninggal dan 192 pulih.

Tentu saja pemerintah Indonesia telah mencoba yang terbaik sehingga penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat ditekan dan juga banyak pihak telah membantu pemerintah dalam berbagai cara seperti mendistribusikan topeng kain dan sumbangan serta gerakan #DiRumahAja.

Tentu saja, dari ranah industri esports, pemerintah juga melakukan hal yang sama, yaitu membantu pemerintah mengurangi penyebaran COVID-19 dengan mengubah sistem turnamen yang awalnya berlangsung online ke LAN, misalnya Free Master Fire Indonesia (FFIM), Liga Profesional PUBG MOBILE (PMPL), serta Mobile Legends Premiere League (MPL) telah diubah.

FFIM 2020 Spring
Sumber: Garena

Tidak hanya melalui perubahan sistem turnamen, ada juga gerakan yang dilakukan oleh aktivis esports seperti organisasi EVOS Esports yang mengumpulkan dana untuk membantu mencegah COVID -19 dan turnamen yang memiliki tujuan lain sebagai penghibur ketika komunitas #DiRumahAja.

Bahkan Asosiasi Olahraga Es Indonesia melalui Ibnu Riza sebagai ketua Asosiasi Esports Indonesia (IESPA) memprakarsai kegiatan yang menggabungkan atlet olahraga es dengan atlet sepak bola berjudul Esports X Football.

Ibnu Riza akan mengundang atlet sepak bola untuk berbaur bersama sesuai dengan saran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk bermain game sebagai hiburan saat menjalani isolasi diri di rumah untuk mencegah penularan COVID-19.

BACA JUGA: Fn Memainkan di VP. Prodigy: Uang Bukan Segalanya

Nama-nama pemain sepak bola nasional juga ikut berpartisipasi pertandingan yang menyenangkan ini adalah nama-nama yang sudah akrab di dunia sepakbola Indonesia seperti Hamka Hamzah, Bagus Kahfi, Bagas Kaffa, Rizky Pora, Diego Michielle, dan Ricardo Salampessi. Untuk game yang dimainkan adalah PUBG Mobile.

Esports x Football
Sumber: IESPA

"Senang sekali bisa memfasilitasi olahraga dengan atlet sepak bola dalam pertandingan. Ternyata olahraga itu juga disukai oleh praktisi olahraga lain dan ini adalah kegiatan rutin atlet olahraga lain selama waktu luang mereka," "Ibnu Riza memberi tahu jumpa pers diterima oleh RevivalTV.

Esports x Football disambut secara positif oleh aktivis esports Indonesia Andrew Tobias yang berpartisipasi dalam mendukung pengadaan dan disiarkan langsung di platform siaran langsung Facebook RBJ Esports.

"Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga harus dijaga, selama kamu #DiRumahAja, ini bertujuan untuk menghibur kamu," kata pria yang lebih dikenal dengan julukan NdRuw yang membuat Tim ELVO.

Esports x Football
Sumber: RBJ Esports

Tentu saja Esports x Football juga mengundang influencer dari ranah esports seperti BangPen, Skygaming, Lalajo Laura, dan Cencen serta beberapa tim terkenal seperti AURA, XCN, Diverso, dan Team ELVO berpartisipasi dalam permainan dan juga dihibur.

Hingga saat ini, pertandingan yang dilaksanakan atas inisiatif Ibnu Riza dan Andrew Tobias telah ditonton 13.000 kali dan diikuti oleh 350 pecinta PUBG Mobile. Di masa depan, Ibnu Riza juga berencana untuk melibatkan atlet nasional lainnya dalam olahraga untuk bertemu dengan esports.

Untuk teman-teman Revival yang tertinggal peristiwa Anda dapat menonton seruan di Instagram @rbj_esports dan saluran YouTube dari RBJ Esports.

Editor: Yubian Asfar

Posting Esports & Football Unite Against COVID-19 di Indonesia! muncul pertama kali di RevivaLTV.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here